Saturday, April 21, 2012

Sharing Ketika Ibu Menyusui lagi Sakit Flu


Aduh... kalau lagi musim pancaroba begini, pasti deh yang namanya penyakit hobby menghinggapi orang-orang. Sekarang lagi "dapat jatah" flu juga neh gw.
Kayaknya sih sakitnya sepele, batuk-pilek-pusing.... tapi mengganggu sekali. Kepala rasanya berat, hidungnya mampet ga bisa kluarin ingus (maklum masih awal pilek, biasanya memang belum keluar ingus... tapi itu adalah saat-saat paling menyebalkan, soalnya bikin kepala jadi pusing). Selain itu tenggorokan gatal pengennya batuk terus, tapi tidak keluar riak, jadinya tenggorokan lama-lama rasanya perih & panas kalau untuk batuk. Dan yang paling jadi masalah adalah karena aku masih menyusui anakku. Takut si Dedek ketularan.


Batuk-pilek kali ini rasanya lebih parah dari sebelumnya, jadi mau gak mau minum obat deh. Biasanya sih cuma banyak istirahat, minum jus buah, jeruk nipis anget tambah madu, atau jeruk nipis+madu+jahe... udah mendingan. Tapi yang ini BEDA. Badan juga rasanya jadi pegel semua.

Sekalian sharing ni untuk para ibu menyusui yang sedang sakit & harus minum obat, gimana sih supaya si bayi tetap aman dari efek obat yang kita minum. Sebagai informasi, waktu beli obat, aku tanya Apoteker, dia menyarankan kalau minum obat, paling tidak 1 jam sebelum menyusui.

Jadi aku setelah bangun tidur pagi, biasanya jam 7 pagi, aku ngemil 1 potong roti, trus langsung minum obatnya. Karena si Dedek kan belum jatahnya minum ASI (Air Susu Ibu). Trus jam 10 pagi, biasanya jatahnya si Dedek bobo siang tahap 1 (karena dia tidur siangnya masih 2 sampe 3x) baru dia minta ASI. Tapi karena minum obatnya sudah sejak jam 7, kurang lebih sudah aman lah....

Untuk minum obat siang, biasanya sesudah selesai nyusui si Dedek, langsung minum obat. Karena si Dedek nyusunya masih 2 jam lagi atau diselingi susu formula/air putih/teh (soalnya anak saya sudah 1 tahun... jadi minuman yang dia minum lebih variatif).

Minum obat yang malam, bisa 2 jam sebelum jam bobo si Dedek, atau sesudah si Dedek bobo sekalian. Karena anakku kadang jam tidur malamnya jam 9 atau jam 10 malam, aku minum obatnya jam 7. Kalau nunggu jam 10 malam, keburu batuk-batuk terus...

Yang tidak kalah penting adalah, jaga makanan dan minuman si Dedek dan ibu, makan makanan bergizi (tidak harus mahal), jus buah/makan buah langsung untuk vitamin, dan susu. Bantu dengan istirahat cukup, tidak kecapekan, dll Supaya daya tubuhnya bagus. Semoga saja, dengan daya tahan tubuh yang bagus, si Dedek tidak gampang tertular.

Semoga sharingku ini berguna.... CEPAT SEMBUH... JAGALAH KESEHATAN !!!

2 comments:

  1. thanks infox gan..

    http://www.ramuanku.com/products.php?cid=18

    ReplyDelete
  2. Sabar ya mbak memang pada masa itu banyak sekali tantangan dan cobaannya termasuk si penyakit ..

    Obat Kanker Nasofaring

    ReplyDelete